OOP/PBO saat ini termasuk paradigma pemrograman
yang popular, yang telah menggantikan teknik pemrograman
berbasis prosedur. Object Oriented Programing yang berarti pula
Pemrograman Beorientasi Objek sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan
dikembangkan pada permulaan tahun 1970.
Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.
Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement. Penggunaan pemrograman berorientasi objek sangat benyak sekali, contoh : java, php, perl, c#, cobol, dan lainnya.
Prosedural dari PBO adalah Fokus terhadap cara komputer menyelesaikan tugas. PBO adalah Sistem yang di baangun berdasarkan METODE. Pengertian dari Pemrograma Berbasis Objek itu sendiri adalah Suatu paradigama yang menggunakan objek dengan identitas yang membungkus propertis dan operasi, melewatkan pesan dan inheritance untuk menyelesaikan domain permasalahan.
Objek
Class adalah Kumpulan dari objek objek yang memiliki atribut yang sama. Class dapat di analogikan sebagai berikut :
-Behaviour
Behaviour adalah Hal yang bisa dilakukan sebuah objek dari sebuah CLASS. Dalam sebuah class sering disebut METHODS.
-Methods
Serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task.
Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.
Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement. Penggunaan pemrograman berorientasi objek sangat benyak sekali, contoh : java, php, perl, c#, cobol, dan lainnya.
Gaya Pemrograman OOP dapat kita ilustrasikan sebagai berikut :
Misal ada sebuah Buku, jika kita memandang Buku tersebut sebagai
suatu Object maka untuk membuka Buku tersebut kita cukup dengan
menyampaikan sebuah pesan untuk “membuka Buku” sehingga Buku tersebut
akan terbuka dengan mekanisme yang dilakukan oleh dirinya sendiri, tanpa
kita harus membuka Buku tersebut dengan tangan sendiri.Prosedural dari PBO adalah Fokus terhadap cara komputer menyelesaikan tugas. PBO adalah Sistem yang di baangun berdasarkan METODE. Pengertian dari Pemrograma Berbasis Objek itu sendiri adalah Suatu paradigama yang menggunakan objek dengan identitas yang membungkus propertis dan operasi, melewatkan pesan dan inheritance untuk menyelesaikan domain permasalahan.
Objek
- Objek adalah Semua benda di dunia
- Contoh: kursi, meja, Sepeda dan lain sebagainya.
- Penggambaran pemrograman berorientasi objek = Penggambaran di dunia nyata.
Class adalah Kumpulan dari objek objek yang memiliki atribut yang sama. Class dapat di analogikan sebagai berikut :
1class = n banyak Objek
Class vs Objek = Data Type vs Variabel
- Attribute
Attribute adalah suatu ciri yang membedakan objek satu dengan yg lain. Di dalam class atribut disebut variabel.
-Behaviour
Behaviour adalah Hal yang bisa dilakukan sebuah objek dari sebuah CLASS. Dalam sebuah class sering disebut METHODS.
-Methods
Serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task.
No comments:
Post a Comment